Minggu, 11 Maret 2012

Getaran Harmonis Oleh Pegas (Ujian Praktek Fisika)

Suasana ujian praktek Fisika kalo boleh saya bilang paling menegangkan dari mata pelajaran mana pun. Seriously. Apa yang bisa kau harapkan dari sebuah keberuntungan dengan prosentase minimum, heh? Kau disuruh pilih 1 dari 11 topik ujian dengan kesulitan yang variatif. Sebenarnya bukan masalah berarti kalo kita belajar dan memahami setiap langkah kerja yang dituntutkan. Well, saya rasa semua siswa sudah melakukan ikhtiarnya masing-masing. Sudah berusaha belajar semalaman bahkan sampai rela ngelembur di rumah temen buat memahami tiap analisis data sampai kesimpulan dari setiap topik yang diujikan. Nah kalo sudah begini, apa yang bisa kau salahkan dari kegerogianmu yang masih nampak terlalu larut dalam darahmu?


Gurunya, meeeen. Gurunya.

Siapa yang ga kenal Bu Nimia? Auranya boook. Mengelus dada menusuk jiwa. Entahlah, tapi ga tau kenapa tiap lihat Bu Nimia jadi pengawas atau penguji ujian selalu saja hawanya itu surem. Ibaratnya awan putih bersih di pagi hari tiba-tiba langsung mendung item pekat begitu liat Bu Nimia pasang muka teges. Dan saya jujur, saat ujian praktek Fisika kemarin, tangan saya ga berhenti gemeter, keringet saya ga ada henti-hentinya mengucur deras di pelipi. Sungguh nikmatnya gerogi. Oke, langsung aja ini topik yang saya dapet pas main lotre-an di ujian praktek Fisika kemarin.

_______________________________________________________________

 GETARAN HARMONIS OLEH PEGAS

A. Tujuan : Menentukan hubungan banyaknya massa beban dengan periode getaran pegas.
B. Rumusan Masalah : Bagaimana hubungan banyaknya massa beban dengan periode getaran pegas?
B. Alat dan Bahan : 1. Statif dan Penjepit
                                 2. Pegas 15 cm
                                 3. Beban 50 gram 5 buah
                                 4. Stopwatch 1 buah
C. Langkah Kerja  : 1. Merangkai alat seperti pada gambar (gambar menyusul ya)
                                 2. Menggantung beban 50 gr pada pegas
                                 3. Menarik beban ke bawah kemudian melepaskan
                                 4. Menyalakan stopwatch
                                 5. Mencatat waktu yang diperlukan oleh beban untuk bergetar 10 getaran
                              6. Mengulangi langkah 2 sampai 5 dengan beban 100, 150, 200, dan 250 gram.
D. Tabel Hasil Pengamatan :



   
E. Analisis Data      :

    (Berupa grafik naik, silakan dibuat sendiri kalau mau :D)

F. Kesimpulan         :



T2 = Kuadrat Periode
m = massa
e = elastisitas
k = konstanta pegas

One response to “Getaran Harmonis Oleh Pegas (Ujian Praktek Fisika)”

Anonim mengatakan...

okelah kalo begityu

Leave a Reply

Ada kesalahan di dalam gadget ini