Senin, 08 Oktober 2012

Cara Download Java Development Kit (JDK) pada Windows 7



Berhubung di kampus saya dari semester 1 udah diajarin pemrograman dengan bahasa Java, jadi saya pengen share ilmu yang saya dapet selama beberapa minggu kuliah ini :D

Cara Download Java Development Kit (JDK) pada Windows 7

First of all, kamu harus tau System Type dari OS Windows-mu, apakah 32-bit atau 64-bit. Caranya simpel kok:

Buka Start --> Klik kanan pada Computer --> Pilih Properties



Nanti akan muncul tampilan seperti ini:
Cukup lihat di bagian System Type, di situ ada keterangan apa OS Windows-mu bertipe 32-bit atau 64-bit. Jangan hiraukan yang lain, apalagi yang bagian Windows activation :)) Itu OS saya masih trial selama sebulan, jadinya masih belum keinstall resmi. Belum ada Genuine-nya. Haha.

====================================================================


Setelah tau OS type-nya, nah mari sekarang download Java-nya. Kalau mau belajar program Java, tentunya kudu nginstall program Java-nya dulu dong ya. Itu standar wajib. Di sini saya kasih link buat download Java Development Kit (JDK) langsung dari situs resminya, Oracle.


Pilih Windows x86 untuk 32-bit, dan Windows x64 untuk 64-bit


2. Kalau ingin download JDK plus sekalian NetBeans versi terbarunya yaitu 7.2, klik : http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk-7-netbeans-download-432126.html

Pilih Windows x86 untuk 32-bit, dan Windows x64 untuk 64-bit
 
Mungkin kalo ada yang nanya NetBeans itu apa, saya jelasin. NetBeans itu aplikasi/software untuk memrogram (menyusun kode-kode untuk membentuk sebuah program), meng-compile dan menjalankan programnya yang umumnya digunakan untuk Bahasa Pemrograman Java, namun sebenarnya mendukung dan bisa digunakan untuk bahasa pemrograman lain.

Dari 2 link di atas, saya rekomendasikan sih download JDK + NetBeans 7.2-nya sekalian (yang nomor 2).

Nah, setelah download selesai, cara menginstal dan men-setting JDK tersebut akan saya jelaskan di post berikutnya, ya. Biar ga jadi longpost. Keep in touch, guys!


3 Responses to “Cara Download Java Development Kit (JDK) pada Windows 7”

Anonim mengatakan...

ty bang sekalian biar kaga salah 32-bit Operating System, x64-based Processor

EDDY PURWANTO mengatakan...

trimakasih gan, sudah berbagi ilmu....
ini sangt bermanfaat buat saya..

kunjungi juga blog saya yg ece-ece gan,, https://belajar-polajahit.co.id dan kasih masukan,, sy ini newby, masih butuh belajar dari blog" lain yg kereen-kereen kaya punya agan ini,, disain tampilannya okke punya,,

Riskya fajar mengatakan...

terima kasih ^^

Leave a Reply

Ada kesalahan di dalam gadget ini